Unsur-Unsur Manajemen Beserta Penjelasannya Lengkap

69
unsur-unsur manajemen

Unsur-Unsur Manajemen – Manajemen adalah proses atau kemampuan dalam mencapai suatu tujuan melalui pemanfaatan sumber daya. Sedangkan menurut KBBI, manajemen adalah penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran atau pimpinan yang bertanggung jawab atas jalannya perusahaan dan organisasi.

Manajemen dibutuhkan semua organisasi karena mempunyai tujuan. Tujuan manajemen diantaranya mencapai tujuan organisasi atau pribadi, menjaga keseimbangan antara tujuan yang bertentangan, serta mencapai efisiensi dan efektifitas.

Untuk mencapai tujuan organisasi atau pribadi yang telah direncanakan, dibutuhkan unsur-unsur manajemen atau yang sering disebut alat/sarana (tools).

Unsur-unsur manajemen merupakan syarat untuk mencapai sebuah hasil yang ditetapkan. Unsur-unsur manajemen diantaranya manusia (man), uang (money), bahan (materials), metode (methods), mesin (machines), dan pasar (market).

Baca Juga : Materi Manajemen Lengkap

Jelaskan Unsur-Unsur Manajemen

1. Manusia (Man)

Faktor manusia merupakan faktor yang paling menentukan dalam manajemen. Manusia yang menyusun rencana dan tujuan tertentu serta melaksanakan proses manajemen untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Manusia memiliki fungsi ganda dalam kegiatan manajemen, yaitu sebagai subjek sekaligus sebagai objek. Manusia sebagai subjek, artinya manusia berperan melakukan tindakan atau usaha. Manusia juga berperan sebagai penggerak, motivator, ataupun dinamisator.

Manusia sebagai objek, artinya manusia diatur dan digerakkan seperti sarana manajemen lain. Oleh karena memiliki jiwa dan perasaan, manusia perlu dihargai secara layak. Untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien diperlukan manusia yang kompeten.

2. Uang (Money)

Uang sebagai alat dalam manajemen memungkinkan segala sesuatu diperhitungkan secara rasional. Uang merupakan alat tukar dan alat pengukur nilai. Uang dipakai untuk membiayai tenaka kerja, membeli bahan, membeli mesin, membiayai pemasaran, dan membiayai penelitian metode kerja.

Uang sebaiknya digunakan secara efektif dan efisian agar tujuan yang ingin dicapai yang dinilai dengan uang lebi besar dari uang yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu.

3. Bahan (Material)

Bahan terdiri atas bahan mentah, barang setengah jadi, dan barang jadi. Untuk mencapai hasil yang memuaskan, selain manusia yang ahli dalam bidangnya harus dabat menggunakan bajan sebagai salah satu sarana.

Penentuan bahan yang berkualitas dengan didukung sumber daya manusia yang kompeten dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan.

4. Metode (Methods)

Metode atau cara yang diperlukan untuk mendukung pemanfaatan manusia, uang, dan bahan dalam kegiatan manajemen. Metode dibutuhkan dalam setiap kegiatan manajemen.

Metode dalam manajemen diantaranya perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Suatu metode dinyatakan sebagai tata cara kerja dengan mempertimbangkan aspek sasaran, fasilitas yang ada, alokasi waktu, uang, dan kegiatan usaha. Dengan metode kerja, tujuan yang telah ditetapkan akan tercapai secara efisien dan efektif.

5. Mesin (Mechines)

Peranan mesin sebagai alat bantu kerja tentunya sangatlah diperlukan dalam setiap organisasi. Penggunaan mesin dapat mempermudah dan meringankan pekerjaan.

Penggunaan mesin dapat mempermudah proses produksi, terciptanya efisiensi kerja, serta meningkatkan kualitas dan kuantias hasil produksi. Sebuah perusahaan dengan menggunakan mesin dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar dengan biaya produksi yang efisien.

6. Pasar (Market)

Penguasaan pasar (market) untuk menyalurkan produk tertentu merupakan faktor yang perlu diperhatikan oleh sebuah perusahaan. Pasar berperan sebagai faktor yang mendorong peningkatan kualitas hasil produksi.

Penguasaan pasar berguna untuk mendistribusikan hasil-hasil produksi supaya sampai kepada perusahaan merupakan hal yang menentukan dalam aktivitas manajemen. Agar pasar dapat dikuasi, kualitas dan harga barang harus sesuai dengan selera dan daya beli konsumen.

Baca Juga : Tingkatan Manajemen

Itulah pembahasan tentang 6 unsur-unsur manajemen dari synaoo.com. Selain unsur manajemen pelajari juga pengertian manajemen, fungsi manajemen, tingkatan manajemen, prinsi dan fungsi manajemen.

Semoga pembahasan materi yang disampaikan dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan sobat.

Selamat Belajar !!!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here