Beranda Tips Belajar TERBUKTI ! Cara Fokus Belajar Paling Ampuh Wajib Dicoba

Potingan Terkait

TERBUKTI ! Cara Fokus Belajar Paling Ampuh Wajib Dicoba

Belajar merupakan hal yang wajib dilakukan oleh seorang pelajar. Namun kebanyakan pelajar mengalami kesulitan dalam mencerna sebuah pelajaran. Kunci utama memecahkan masalah tersebut yaitu dengan fokus belajar. Jika seorang pelajar telah mampu belajar dengan fokus, semua pelajaran akan sangat mudah untuk masuk dan dicerna oleh otak.

fokus belajar

1. Cari Tempat Belajar yang Nyaman

Tempat belajar merupakan hal yang sangat krusial untuk kita dapat fokus belajar. Tidak hanya kamar tidur dan ruang kelas saja, tetapi beberapa pilihan tempat lain dapat menjadi alternatif yang tepat untuk belajar. Terkadang, antara orang yang satu dengan yang lainnya memiliki selera dan tempat favorit tersendiri yang dianggapnya nyaman.

Kamu dapat belajar dimanapun asalkan di tempat tersebut tidak mengganggu kosentrasi belajarmu. Contohnya adalah belajar di ruang tamu yang maka kosentrasi yang telah terbangun sirna seketika saat ada tamu berkunjung atau anggota keluarga yang lalu lalang di sana. Tak hanya itu di ruang tamu biasanya terdapat televisi. Belajar dengan ditemani televisi tentunya bukanlah hal yang baik.

Terdapat beberapa rekomendasi tempat belajar yang dapat kamu coba, seperti perpustakaan, taman, beranda rumah, dan tempat potensial lainnya yang kamu anggap nyaman dan tidak terlalu bising.

cara ampuh fokus belajar

2. Siapkan Alat Tulis Sebelum Mulai Belajar

Jangan berencana untuk mencari pena, stabilo, penguasa, dan lain-lain, di tengah-tengah proses belajar sedang berjalan. Kadang-kadang hal tersebut bisa sangat mengganggu fokus belajar yang telah terbangun, jadi siapkan semua alat tulis yang kamu butuhkan sebelum mulai belajar.

cara ampuh fokus belajar

3. Cari Teman Belajar yang Tepat

Pilih seseorang yang peka dan fokus seperti kamu dalam tugas yang sama. Jangan selalu memilih teman dekatmu, karena fokus belajar akan buyar ketika mulai terjadi pembicaraan yang tidak ada hubungannya dengan pelajaran.

Memiliki mitra belajar adalah ide yang bagus, karena Anda dapat memantulkan ide dari satu sama lain, dan melihat hal-hal membentuk perspektif yang berbeda seperti diri Anda sendiri.

Beberapa orang menganggap mitra belajar mengganggu. Kemungkinannya adalah jika kamu seorang ekstrovert, yang berarti kamu sangat menyukai orang lain dan suka berbicara, mitra studi mungkin tidak akan menjadi pilihan terbaik. Jika kamu seorang introvert, yang berarti umumnya menjaga diri sendiri dan sedikit lebih berbahaya, mitra studi mungkin bekerja dengan baik untuk kamu.

Namun, jika kamu belajar dengan pasangan yang sangat terbuka, kemungkinan besar mereka akan mencoba berbicara dengan kamu ketika sedang belajar.

Pilih seseorang yang lebih pintar dari. Kedengarannya mendasar untuk dikatakan, tetapi banyak orang mengabaikan ini. Jika kamu ingin belajar, pilih mitra studi yang cerdas, berdedikasi, dan tidak keberatan mengajar. Sesi belajar kamu akan jauh lebih baik.

cara ampuh fokus belajar

4. Sediakan Cemilan Sebagai Teman Belajar

Sediakan beberapa makanan ringan yang sesuai. Jangan menyediakan minuman energi atau kopi, karena cepat atau lambat, kamu akan kehilangan fokus belajar karena tubuh akan cepat lelah. Konsumsi saja coklat batangan, buah, dan air putih, karena makanan tersebut sangat efektif dalam melepaskan karbohidrat.

cara ampuh fokus belajar

5. Jangan Memaksakan Diri Istirahat Sebentar

Setelah 45 menit belajar, istirahat 10 menit dan cobalah cari hiburan agar otak kembali fresh. Istirah jangan sampai melebihi 20 menit.

Supaya tidak kebablasan, atur saja waktu istirahat dengan alarm. Jika waktu istirahat kamu rencanakan, Kemungkinan besar kamu tidak akan melewatkan waktu yang kamu tetapkan, dan yang lebih penting, kecil kemungkinannya untuk “secara tidak sengaja” mengambil lebih banyak waktu istirahat.

Kenapa istirahat? Otak Anda perlu waktu untuk mengisi ulang setelah memproses banyak informasi. Dalam beberapa penelitian, mengambil istirahat dan berjalan di sekitar ingatan memori yang ditingkatkan dan skor tes sederhana dalam mata pelajaran.

cara ampuh fokus belajar

6. Cari Motivasi Belajar

Jika kamu melakukan revisi dengan baik dan mempersiapkan ujian, kamu akan melakukannya dengan baik. Dapatkan titik dengan revisi kamu sehingga kamu dapat menikmati ujian ketika itu terjadi. Jangan berpikir bahwa ujian adalah masalah besar, anggap saja itu sebagai sesuatu yang menantang pembelajaran kamu.

Tetapkan tujuan untuk diri sendiri, bahkan jika itu agak tidak realistis. Dorong diri kamu untuk melakukan lebih baik daripada apa yang kamu pikir dapat kamu lakukan, dan siapa tahu, mungkin kamu akan mengejutkan diri sendiri.

Motivasi diri kamu dengan hadiah. Ini membutuhkan sedikit kontrol diri, jadi mintalah seseorang dalam posisi yang berwenang untuk membantu kamu jika kamu membutuhkan bantuan. Berikan diri kamu hadiah jika kamu belajar dengan baik, merasa siap, dan mengerjakan ujian dengan baik.

Katakan pada diri kamu mengapa belajar itu penting. Ini berbeda untuk setiap orang. Mungkin kamu peduli tentang mendapatkan yang sempurna. Mungkin kamu benar-benar peduli dengan materi pelajaran. Mungkin kamu membuat taruhan dengan ayah kamu dan kamu tidak bisa mengalami kekalahan. Apa pun itu, ingatkan diri kamu tentang mengapa kamu bekerja keras dan katakan pada diri sendiri bahwa itu sepadan.

cara ampuh fokus belajar

7. Duduk dan Mulailah Belajar

Kamu punya semua yang dibutuhkan di depan mata dan tidak ada yang tersisa untuk ditunda-tunda. Hanya kamu dan materinya. Baik? Apa yang kamu tunggu?

Gunakan ringkasan dan catatan untuk keuntungan Anda. Ringkasan sangat membantu bagi sebagian orang, karena mereka mengandung informasi penting dalam ruang yang sangat sedikit. Gunakan ringkasan jika merasa terbantu.

Rangkai kata-kata pelajaran menjadi sebuah nada atau lagu untuk menghafal. Buatlah beberapa informasi menjadi lagu yang lucu, atau letakkan informasinya ke dalam akronim untuk membantu kamu mengingat apa yang coba kamu ingat.

Pastikan kamu mengetahui informasi terpenting terlebih dahulu, lalu lanjutkan ke yang lain. Pelajari dan pahami konsep utama sebelum kamu keluar. Ini akan memberi kamu tingkat pemahaman dasar untuk membangun.

Tanyakan kepada diri sendiri mengapa kamu belajar, apa yang akan menjadi manfaat dari belajar dan tuliskan di selembar kertas. Setiap kali kamu terganggu, perhatikan kertas dan ingatkan diri sendiri mengapa belajar itu penting bagi kamu.

Hindari Hal-Hal Ini Saat Belajar

cara ampuh fokus belajar

1. Tetap Tenang, Jangan Panik

Ketika kamu panik, kamu pasti akan membuat kesalahan, jadi tetap tenang. Jika kamu berhasil merencanakan belajar, kamu tidak perlu panik saat ujian datang. Tarik napas dalam-dalam, katakan pada diri sendiri, “Saya bisa melakukan ini,” dan tenang.

cara ampuh fokus belajar

2. Minimalkan Penggunaan Internet

Proses belajar kamu akan lebih maksimal jika kamu memikirkan dan menuliskan hal-hal sendiri. Juga jangan menggunakan ponsel karena kamu akan membalas chat setiap menit, yang mana sangat mengganggu fokus belajar.

Matikan internet kamu jika kamu tahu kamu akan tergoda. Matikan komputer kamu atau minta teman kamu untuk menahannya. Pada dasarnya, cobalah untuk memastikan bahwa kamu tidak membuang-buang waktu kamu di Internet ketika seharusnya kamu belajar.

cara ampuh fokus belajar

3. Hindari Mendengarkan Musik

Jangan dengarkan musik kecuali itu membantu kamu fokus belajar. Beberapa orang membutuhkan musik untuk membantu mereka untuk fokus belajar, tetapi cobalah untuk tidak memberi otak kamu hal lain untuk difokuskan saat kamu belajar. Satu lagi gangguan, bahkan musik itu menenangkan, menyebabkan ada hal lain yang harus diproses otak kamu selain informasi yang coba kamu pelajari.

cara ampuh fokus belajar

4. Jangan Keluar dari Topik Pembelajaran

Kita semua mendapati diri kita keluar dari topik dari waktu ke waktu. Terkadang karena informasi yang seharusnya kita pelajari membosankan; kadang-kadang itu karena materi yang tidak perlu kita ketahui menarik. Apa pun itu, tunggulah sampai setelah kamu belajar untuk benar-benar menggali lebih dalam dan menjelajahi subjek yang berbeda.

Selalu tanyakan pada diri kamu, seberapa mungkin materi ini akan muncul dalam ujian saya? Jika kamu benar-benar terfokus, kamu dapat memberi peringkat materi dari kemungkinan yang paling mungkin ke yang paling tidak mungkin, memberikan kemungkinan materi sebagian besar waktu kamu dan yang paling tidak mungkin sisanya.

cara ampuh fokus belajar

5. Jangan Pesimis, Kamu Bisa

Belajar untuk ujian bisa menjadi sesuatu yang menakutkan, terutama di awal. Ambillah benda-benda dalam potongan yang dapat dikelola dan jangan khawatirkan untuk menyempurnakan segala sesuatunya untuk pertama kalinya. Ingat, kamu di sini untuk belajar, tidak perlu ujian. Cobalah memahami “gambaran besar” jika kamu mengalami kesulitan memahami konsep tersebut. Ini harus membuat detail lebih mudah dipahami.

Baja Juga : 10 Cara Belajar Efektif dan Efisien

Itulah beberapa tips cara fokus belajar dari Synaoo.com.

Semoga tips dan trik tersebut bermanfaat dan membantu proses belajar teman-teman.

Selamat Belajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Kategori