12 Tanda-Tanda Globalisasi

Tanda-Tanda Globalisasi – Globalisasi berbeda dengan modernisasi dan westernisasi, meskipun ketiganya saling berkaitan. Globalisasi berbeda dengan modernisasi dan westernisasi, meskipun ketiganya saling berkaitan. Globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia.

Modernisasi adalah proses pergeseran sikap dan mentalitas sebagai warga masyarakat untuk bisa hidup sesuai dengan tuntutan masa kini. Westernisasi adalah suatu pemujaan terhadap dunia Barat yang berlebihan dan berupaya meniru segala sesuatu yang datangnya dari dunia Barat.

Tanda-Tanda Globalisasi

  • Meningkatnya perdagangan global.
  • Meningkatnya aliran modal internasional, di antaranya investasi langsung dari luar negeri.
  • Meningkatnya aliran data lintas batas, seperti penggunaan internet, satelit komunikasi, dan telepon.
  • Adanya desakan berbagai pihak untuk mengadili para pejabat perang di mahkamah kejahatan internasional (internasional criminal court) dan adanya gerakan untuk menyerukan keadilan internasional.
  • Meningkatnya pertukaran budaya (cultural exchange) internasional, misalnya melalui mengirimkan duta misi kesenian.
  • Menyebarluasnya paham multikulturalisme (paham yang mengakui keberagaman atau pluralitas dalam realitas sosial baik ras, agama, suku, dan lain-lain) dan semakin besarnya akses individu terhadap berbagai macam budaya.
  • Meningkatnya perjalanan dan turisme lintas negara.
  • Meningkatnya imigrasi, termasuk imigrasi ilegal.
  • Berkembangnya infrastruktur telekomunikasi global.
  • Berkembangnya sistem keuangan global.
  • Meningkatnya aktivitas perekonomian dunia yang dikuasai oleh perusahaan-perusahaan multinasional.
  • Meningkatnya peran organisasi-organisasi internasional, sepert PBB, ASEAN, APEC, dll.

Globalisasi bersama-sama memengaruhi dan dipengaruhi oleh empat faktor, yaitu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Semua unsur itu digerakkan oleh perkembangan informasi dan teknologi komunikasi yang telah meningkatkan kecepatan dan lingkup interaksi antarmanusia di seluruh penjuru dunia.

Komunikasi yang semakin maju sebagai akibat globalisasi menyebabkan hubungan antarbangsa semakin tinggi, dan dimungkinkan akan semakin terbukanya pasar internasional bagi hasil produksi dalam negeri, terutama yang memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif. Hal ini merupakan kesempatan bagi bangsa kita untuk mengekspor produk kita ke luar negeri.

Dengan adanya era globalisasi mengakibatkan adanya keterbukaan hubungan dengan bangsa lain. Selain menyebabkan terbukanya pasar internasional bagi hasil produksi dalam negeri, era globalisasi membawa pengaruh nilai-nilai sosial budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia. Akibatnya, pola pikir, sikap hidup, dan perbuatan kita, mau tidak mau akan terpengaruh. Contohnya, minuman keras, pergaulan bebas, unjuk rasa di luar batas, dan lain-lain. Untuk itu, kita harus segera menanggulanginya karena hal ini akan sangat merugikan masyarakat, bangsa, dan negara.

Baca Juga : Prinsip-Prinsip Bela Negara

Sekian pembahasan mengenai tanda-tanda globalisasi yang dapat kita lihat pada kehidupan di dunia. Semoga pembahasan yang diberikan dapat bermanfaat.

Selamat Belajar!!!

"Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia"