Sejarah Pembuatan Peta – lstilah peta berasal dari bahasa Yunani mappa yang berarti taplak meja. Secara umum peta dapat didefinisikan sebagai gambaran permukaan bumi dalam bentuk datar dan diperkecil menurut skala tertentu yang dilengkapi simbol-simbol sebagai keterangan.

Peta sudah digunakan oleh pelaut-pelaut jaman dahulu sebagai alat bantu navigasi dalam mencari daerahtujuannya. Ilmu dan teknik untuk mempelajari peta dinamakan kartografi sedangkan orang yang ahli dalam bidang peta dan pemetaan dinamakan kartograf.

Peta pertama di dunia ditemukan di reruntuhan Babilonia. Peta ini berupa lempengan tanah liat yang menggambarkan lembah, gunung dan sungai. Setelah itu ilmu peta kemudian berkembang di zaman Yunani kuno sehingga melahirkan beberapa ahli-ahli geografi seperti Eratosthenes, Amaximandaros, Ptolomeus dan lainnya.

Menurut beberapa catatan, peta dunia pertama kali dibuat oleh Amaximandaros (610-546 SM). Peta semakin berkembang setelah para penjelajah di abad pertengahan mulai mengarungi samudera dan melakukan perjalanan di darat untuk mencari wilayah koloni baru. Berikut beberapa definisi peta menurut berbagai ahli.

1. ICA (International Carthographic Assosiation)

Peta adalah gambaran atau representasi unsur-unsur kenampakan abstrak yang dipilih dari permukaan bumi yang ada kaitannya dengan permukaan bumi atau benda-benda angkasa. yang pada umumnya digambarkan pada suatu bidang datar dan diperkecil.

2. Badan lnformasi dan Geospasial (BIG)

Peta merupakan wahana bagi penyimpanan dan penyajian data kondisi lingkungan, merupakan sumber informasi bagi para perencana dan pengambilan keputusan pada tahapan dan tingkatan pembangunan.

3. Aryono Prihandito

Peta merupakan gambaran permukaan bumi dengan skala tertentu. digambar pada bidang datar melalui proyeksi tertentu.

4. Erwin Rais

Peta adalah gambaran konvensional dari kenampakan muka bumi yang diperkecil seperti kenampakannya jika dilihat vcmkal dari atas. dibuat pada bidang datar dan ditambah tulisan-tulisan sebagai penjelas.

Peta merupakan alat bantu dalam geografi. Berikut ini beberapa fungsi dari sebuah peta:

1. Menunjukkan lokasi suatu wilayah.

2. Menggambarkan kenampakan suatu fenomena di permukaan bumi.

3. Menggambarkan persebaran berbagai gejala di permukaan bumi.

4. Menyajikan data tentang potensi suatu Wilayah.

Selain fungsi di atas. pembuatan peta juga memiliki tujuan tertentu diantaranya:

  • Untuk merencanakan pembangunan suatu daerah.
  • Untuk menyimpan informasi dalam suatu ruang.
  • Untuk memudahkan dalam proses pembuatan desain seperti jalan. perumahan dan lainnya.

Sekian pembahasan mengenai pembuatan peta dari Synaoo.com. Semoga matero pembuatan peta yang diberikan mudah diterima dan dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Terimakasih