14 Prinsip Manajemen Beserta Penjelasannya

56
prinsip manajemen

Apa saja prinsip manajemen? Eits,, sebelum dijawab sobat synaoo harus mengetahui pengertian manajemen terlebih dahulu. Manajemen adalah proses atau kemampuan dalam mencapai suatu tujuan melalui sumber daya.

Tujuan utama dari manajemen ialah untuk mencapai tujuan organisasi, menjaga keseimbangan antara tujuan yang saling bertentangan, dan juga mencapai efisiensi dan efektivitas.

Tujuan manajemen tersebut dapat tercapai apabila memperhatikan prinsip-prinsip manajemen dalam sebuah organisasi.

Baca Juga : Tingkatan Manajemen

14 Prinsip Manajemen


Menurut Henry Fayol seorang industrialis asal Perancis, prinsip manajemen sebaiknya memiliki sifat lentur dalam arti bahwa perlu di pertimbangkan sesuai dengan kondisi-kondisi tertentu dan situasi-situasi yang berubah. Prinsip manajemen secara umum menurut Henry Fayol terdiri atas.

1. Pembagian Kerja (Division of Work)

Untuk mencapai tujuan tertentu setipa aktivitas dalam sebiah organisasi harus terdapat pembagian kerja. Pembagian atau spesialisasi kerja harus disesuaikan dengan keahlian dan kemampuan agar proses pekerjaan berlangsung secara efektif.

Tujuan pembagian kerja ialah untuk menciptakan proses kerja yang efektf dan efisien. Oleh karena itu, penempatan tenaga kerja dalam sebuah perusahaan hendaknya menerapkan prinsip yang tepat di tempat yang tepat. Pembagian kerja harus objektif, tidak bersifat emosional subjektif yang berdasarkan faktor suka atau tidak suka.

2. Wewenang dan Tanggung Jawab (Authirity adn Responsibility)

Setiap jabatan memiliki wewenang, kekuasaan, dan tanggung jawab masing-masing secara seimbang. Wewenang merupakan hak untuk mengambil keputusan yang berhubungan dengan tugas, tanggung jawab, dan pekerjaan yang dijalaninya.

Sedangkan tanggung jawab adalah tugas dan fungsi-fungsi yang harus dilakukan oleh seorang pejabat, supaya dapat melaksanakan wewenang yang diberikan.

Antara wewenang dan tanggung jawab haruslah berimbang. Pendelegasian wewenang merupakan faktor penting dalam manajemen karena berhubungan dengan organisatoris formal antaranggota badan usaha, memberi kekuasaan manajerial, serta mengembangkan bawahan dengan memberikan izin untuk pengambilan keputusan dan menerapkan pengetahuan.

3. Disiplin (Dicipline)

Sikap disiplin haruslah dimiliki oleh setiap karyawan dalam sebuah organisasi supaya pemberian wewenang berlangsung secara efektif.

Disiplin adalah sikap dan perilaku patuh terhadap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Dengan demikian, baik atasan ataupun bawahan bisa melaksanakan pekerjaan sesuai dengan rencana, peraturan, dan sasaran yang telah ditetapkan.

4. Kesatuan Perintah (Unity of Command)

Prinsip kesatuan perintah memiliki tujuan agar karyawan tidak mengalami kebingungan atas perintah yang diberikan atasan. Karyawan harus mengetahui kepada siapa ia harus bertanggung jawab sesuai dengan wewenang yang diperolehnya. Perintah yang diberikan dapat berupa lisan ataupun tulisan.

5. Kesatuan Pengarahan (Unity of Direction)

Setiap anggota organisasi hatus diberikan pengarahan supaya bisa menjalankan tugas dengan maksimal sehingga tujuan yang ditetapkan dapat tercapai.

Pengarahan adalah kegiatan mengintegrasikan usaha anggota suatu kelompok sehingga tugas yang diberikan kepadanya dapat diselesaikan. Perlu adanya alur yang jelas dari mana seorang karyawan mendapatkan wewenang untuk melaksanakan pekerjaan dan kepada siapa seorang karyawan harus mengetahui batas wewenang dan tanggung jawabnya supaya tidak terjadi kesalahan. Partisipasi karyawan, komunikasi, dan kepemimpinan yang baik merupakan dasar-dasar dalam pengarahan.

6. Kepentingan Bersama (General Interest)

Prinsip mendahulukan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi harus sangat diprioritaskan dalam sebuah organisasi. Hal ini dimaksudkan agar setiap kegiatan pekerjaan dapat berjalan dengan lancar dan dapat tercapainya tujuan dengan baik. Prinsip ini dapat terwujud apabila setiap karyawan merasa nyaman dan senang dalam lungkungan kerjanya.

7. Penggajian (Remuneration of Personnel)

Gaji atau upah adalah imbal jasa atau kompensasi atas keterlibatan faktor produksi tenaga kerja dalam proses produksi. Prinsip penggajian harus dipikirkan supaya karyawan dapat bekerja dengan tenang dan mendapat perhitungan secara tepat sehingga menimbulkan kedisiplinan dan kegairahan dalam bekerja.

Dengan demikian, karyawan berkompetisi untuk membuat prestasi yang lebih besar. Prinsip gaji lebih untuk prestasi lebih (more pay of more prestige) dan prinsip upah sama untuk prestasi yang sama dapat diterapkan dalam prinsip penggajian.

8. Pemusatan Wewenang (Centralization)

Pemusatan wewenang/sentralisasi dimaksudkan untuk menghindarkan kesimpangsiuran wewenang dan tanggung jawab. Sentralisai merujuk pada pemusatan wewenang pada satu manajer sehingga seluruh aktivitas manajemen dapat dikendalikan.

Baca Juga : Unsur-Unsur Manajemen

Sentralisasi wewenang biasanya diterapkan pada organisasi yang berskala kecil. Tujuan sentralisasi untuk menghindari kesimpangsiuran wewenang dan tanggung jawab.

Pada organisasi berskala besar, pembagian wewenang dapat menerapkan sistem desentralisasi. Desentralisasi tersebut dapat merujuk pada pembagian wewenang kepada beberapa manajer dalam bidang-bidang pekerjaan.

9. Rantai Skalar (Scalar Chain)

Rantai skalar adalah rantai yang bermula dari atasan hingga tingkat terendah. Maksud dari prinsip skalar ialah bahwa garis wewenang dalam sebuah organisasi haruslah jelas.

Prinsip rantai skalar bertujuan untuk memudahkan komunikasi antar karyawan dalam tingkatan manajemen yang sama. Dengan prinsip skalar akan terjalin komunikasi yang efektif dari manajemen puncak hingga manajemen lini pertama.

10. Tata Tertib (Order)

Tata tertib berkaitan dengan aturan yang harus dipatuhi dalam lingkungan kerja. Tata tertib memungkinkan lingkungan kerja menjadi nyaman dan tenang. Tata tertib dapat terwujud, jika seluruh manajer dan karyawan memiliki disiplin tinggi. Ketertiban dalam sebuah pekerjaan sangatlah penting karena tidak ada orang yang dapat bekerja dalam keadaan kacau.

11. Keadilan (Equity)

Prinsip keadilan harus dilakukan agar setiap bawahan setia kepada pimpinan dan juga organisasinya. Prinsip keadilan, yaitu memberikan kepada setiap orang apa yang menjadi haknya. Prinsip ini mendorong timbulnya loyalitas para karyawan terhadap pekerjaanya. Atasan yang bersikap adil akan menggunakan wewenang secara bijak sehingga bawahan dapat bekerja dengan nyaman.

12. Pemantapan Jabatan (Stability of Turnover Personal)

Manusia sebagai makhluk sosial memiliki keinginan, perasaan, dan pikiran. Apabila keinginannya tidak dapat terpenuhi, perasaannya akan tertekan dan pikiran yang kacau menyebabkan timbulnya goncangan dalam pekerjaanya.

Pada setiap aktivitas manajemen, stabilitas kondisi personel karyawan sangat perlu dijaga dan diperhatikan. Tujuannya yaitu supaya tugas dan pekerjaan yang dibebankan kepada karyawan dapat dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Kestabilan dapat terwujud jika dalam lingkungan kerja berkembang sikap disiplin.

13. Prakarsa (Initiative)

Inisiatif muncul dari dala diri seseorang yang menggunakan daya pikir. Prinsip prakarsa bertujuan agara setiap orang diberi kesempatan mengungkapkan inisiatif atau ide kreatifnya. Ide kreatif dapat mengenai cara kerja, prosedur kerja, ataupun dalam menjalankan rencana baru pada pelaksanaan kerja. Prakarsa yang ada perlu diapresiasi dan dihargai secara layak karena dapat menumbuhkan semangat karyawan dalam bekerja.

14. Solidaritas (Solidarity)

Prinsip solidaritas diperlukan untk menumbuhkan semangat persatuan dan hubungan kerja sama yang baik dengan rasa setia kawan antar karywan. Prinsip solidaritas perlu dimanfaatkan sebagai kepentingan positif yang bersifat konstruktif dan rasional. Solidaritas merupakan salah satu kekuatan bagi perkembangan sebuah organisasi.

Baca Juga : Materi Manajemen Lengkap

Sekian pembahasan materi tentang prinsip-prinsip manajemen dari synaoo menurut para ahli. Semoga materi ini dapat bermanfaat bagi sobat dan untuk makalah prinsip manajemen sobat.

Selamat Belajar !!!



1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here