Macam-Macam Status Sosial Beserta Contohnya

macam-macam status sosial

Apa itu status sosial dan apa saja macam-macam status sosial? Mungkin sobat sudah tidak asing dengan yang namanya status sosial. Penggambaran status sosial yang paling mudah dipahami yaitu sistem kasta yang dianut oleh agama Hindu.

Pengertian status sosial adalah suatu keadaan atau posisi seseorang dalam masyarakat yang meliputi keseluruhan posisi sosial yang terdapat dalam kelompok besar masyarakat dari yang paling rendah sampai paling tinggi.

Baca Juga : Struktur Sosial

Macam-Macam Status Sosial

1. Ascribed Status (Status Keturunan)

Ascribed status, yaitu status sosial yang diperoleh dengan sendirinya atau otomatis akan diperoleh karena faktor keturunan. Status yang diperoleh tersebut memungkinkan orang untuk bersikap pasif. Seseorang dapat memiliki status sosial ini tanpa harus berjuang ataupun melakukan usaha apa pun.

Contohnya yaitu anak seorang bangsawan akan menjadi bangsawan pula dan mendapatkan kehormatan dari masyarakat karena status sosial yang diwariskan dan yang dimiliki oleh orang tuanya.

2. Achieved Status (Status Perjuangan)

Achieved status, yaitu status yang didapat melalui suatu perjuangan yang disengaja terlebih dahulu. Untuk memperoleh status ini harus melalui perjuangan yang cukup panjang dengan memerlukan pengorbanan dan lebih bersifat terbuka bagi siapa saja, tergantung dari kemampuan masing-masing dalam mengejar serta mencapai tujuan-tujuannya. Kebanyakan status yang dimiliki oleh seseorang di masyarakat harus diperjuangkan terlebih dahulu dalam meraihnya.

Contohnya yaitu untuk menjadi sarjana harus melalui perjuangan terlebih dahulu. Seorang sarjana akan berusaha dengan keras untuk memperoleh gelar akademisnya. Tingkatan pendidikan dalam masa yang panjang harus dilalui untuk mencapainya yang juga memerlukan pengorbanan waktu, tenaga, pikiran, dan biaya.

3. Assigned Status (Status Pemberian)

Assigned status, yaitu status sosial yang diberikan oleh masyarakat sebagai tanda penghargaan atas jasanya. Pada dasarnya status yang diperoleh adalah akibat dari status yang telah diperolehnya terlebih dahulu.

Contohnya yaitu seorang pahlawan yang dihargai oleh masyarakat atas jasa perjuangannya. Untuk dapat menjadi seorang yang disebut pahlawan tentu ia harus berjuang mencapai statusnya dengan semua pengorbanan, baik jiwa maupun raga.

Sekian pembahasan tentang macam-macam status sosial dari Synaoo.com. Semoga materi yang diberikan mudah dipahami dan dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Terimakasih.

"Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia"

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.