Landasan Koperasi Indonesia Beserta Penjelasannya

51
landasan koperasi indonesia

Setiap badan usaha mempunyai landasan pendirian atau pedoman yang berbeda-beda. Hal tersebut juga terjadi pada koperasi yang juga memiliki landasan pendirian tertentu. Landasan koperasi Indonesia diantaranya landasan idiil, landasan struktural, landasan operasional, dan landasan mental.

Baca Juga : Materi Koperasi Lengkap

4 Landasan Koperasi Indonesia

  • Landasan Idiil/Dasar
  • Landasan Struktural
  • Landasan Operasional
  • Landasan Mental

Berikut ini adalah penjelasan selengkanya mengenai keempat landasan didirikannya koperasi di Indonesia.

1. Landasan Idiil atau Dasar

Landasan idiil koperasi yaitu Pancasila. Pancasila merupakan nilai moral positif yang menjadi kepribadian bangsa Indonesia. Oleh karena menunjukkan nilai kepribadian bangsa, dalam pembentukannya koperasu harus dilandaskan pada kemauan menjunjung tinggi nilai-nilai moral positif bangsa yang tertuang dalam Pancasila.

2. Landasan Struktural

Landasan struktural atau konstitusional koperasi yaitu Undang-Undang Dasar 1945. Pasal 33 Ayat 1 Undang-Undang Dasar 1945 menjelaskan bahwa perekonomian negara disusun sebagai usaha bersama berdasar atas kekeluargaan. Asas kekeluargaan merupakan asas dari koperasi Indonesia. Oleh karena itu, kesamaan asas ini membuat UUD 1945 dalam Pasal dan ayat tersebut menjadi landasan struktural koperasi. Sedangkan usaha bersama tersebut diwujudkan melalui kegiatan pemenuhan aspirasi dan pemenuhan kebutuhan para anggota di berbagai bidang.

3. Landasan Operasional

Landasan operasional koperasi yaitu Undang-Undang Republik Indonesia No 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian. Landasan operasional didalamnya memuat dasar-dasar peraturan dan tata tertib yang wajib ditaati dan diikuti oleh semua anggota koperasi, baik itu pengurus, manager, badan pemeriksa dan karyawan koperasi lainnya. Tujuannya tidak lain adalah agar peraturan-peraturan ini dijadikan sebagai pedoman dalam menjalankan tugas dan fungsi setiap anggotanya.

4. Landasan Mental

Landasan mental koperasi yaitu kesetiakawanan dan kesadaran pribadi. Koperasi memiliki karakteristik khusus yang mengedepankan sikap tolong menolong dan kesetiakawanan antar anggota. Sikap tolong menolong dan kesetiakawanan tersebut muncul dari kesadaran pribadi masing-masing anggota. Sikap tersebut merupakan pengamalan ajaran agama yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia sehingga harus dijunjung tinggi dalam pengelolaan koperasi.

Sekian pembahasan mengenai Landasan Didirikannya Koperasi Indonesia yang meliputi landasan idiil, landasan struktural, landasan operasional dan landasan mental dari Synaoo.com. Semoga pembahasan yang diberikan dapat menambah pengetahuan kita tentang koperasi.

Selamat Belajar !!!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here