Sosiologi merupakan bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang masyarakat. Adapun hakikat sosiologi sebagai ilmu pengetahuan antara lain sebagai berikut.

15 Hakikat Sosiologi

  1. Sosiologi merupakan ilmu sosial, bukan termasuk ilmu alam dan kerohanian sebab yang dipelajari merupakan gejal-gejala masyarakat.
  2. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang sifatnya empiris dan rasional.
  3. Sosiologi termasuk dalam ilmu pengetahuan murni (Pure Science) yang dalam perkembangannya menjadi ilmu pengetahuan terapan (Applied Science).
  4. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang sifatnya abstrak, bukan ilmu pengetahuan konkret. Yang menjadi perhatian adalah bentuk dan pola peristiwa di masyarakat secara menyeluruh, tidak hanya peristiwa itu sendiri.
  5. Keluarga adalah soko guru dari kelompok masyarakat.
  6. Kelangsungan hidup masyarakat membutuhkan sejumlah ketentuan untuk mengatur tingkah laku manusia.
  7. Kehidupan manusia dipengaruhi oleh lembaga-lembaga sosial yang ada di sekitarnya, dan manusia harus mampu menyesuaikan diri dengan lembaga-lembaga tersebut.
  8. Individu, keluarga, dan masyarakat memiliki kecenderungan untuk mengklasifikasikan dirinya secara sosial menurut keturunan, tingkat kemakmuran, pendidikan, jabatan, keanggotaan kelompok, serta status sosial lainnya.
  9. Adanya komunikasi dengan kebudayaan dan masyarakat lain akan menimbulkan perubahan-perubahan nilai budaya.
  10. Kerja sama dan saling menghormati merupakan tuntutan kemanusiaan.
  11. Realisasi kehidupan pribadi dapat dibentuk melalui hubungan antara satu dengan lainnya.
  12. Perbuatan-perbuatan yang dapat diterima oleh suatu masyarakat bisa dianggap perbuatan yang tabu bagi masyarakat yang lain.
  13. Migrasi atau perpindahan bangsa-bangsa menimbulkan percampuran budaya antarindividu dan antarkelompok.
  14. Lingkungan sekitar baik fisik dan sosial akan mempengaruhi kehidupan manusia, dan manusia juga akan mempengaruhi lingkungannya.
  15. Sosiologi bertujuan untuk mendapatkan pola-pola umum dengan meneliti dan mencari dasar yang menjadi prinsip atau hukum-hukum umum dari interaksi antarmanusia.

Baca Juga : Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Itulah 15 sifat hakikat sosiologi yang menjadi pokok pembahasan dalam ilmu sosiologi. Sekian pembahasan materi kali ini, dan semoga materi yang diberikan dapat bermanfaat bagi sobat synaoo.

Terimakasih atas kunjungannya !!!