GEOPOLITIK
Geopolitik Indonesia - materi ppkn kelas 10 semseter 2
Kepulauan Indonesia

 

1. Pengertian Geopolitik

Kata geopolitik berasal dari kata “Geo” berarti bumu, dan “Politik” berasal dari bahasa Yunani yaitu “poli”, yang memiliki arti kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri (negara) dan “teia” yang artinya urusan.
Geopolitik adalah cara padanng dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri, lingkungan, yang berwujud kepulauan yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

2. Teori Geopolitik

Geopolitik merupakan ilmu yang mempelajari gejala politik dari aspek geografi.
Adapun teori-teori geopolitik sebagai berikut :

a. Federich Ratzel

  • Pertumbuhan negara apat dianalogikan dengan pertumbuhan makhluk hidup yang memerlukan ruang hidup, melalui proses lahir, tumbuh, berkembang, mempertahankan hidup tetapi dapat juga menyusut dan mati.
  • Negara identik dengan suatu ruang yang ditempati oleh kelompok politik dalam arti kekuatan. Makin luas potensi ruang, makin memungkinkan kelompok itu untuk tumbuh.
  • Suatu bangsa dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya tidak terlepas dari hukum alam.
  • Semakin tinggi budaya bangsa semakin besar kebutuhan atau dukungan sumber daya alamnya.

b. Rudolf Kjellen

  • Negara sebagai suatu biologi, suatu organisme makhluk hidup. Untuk mencapai tujuan negara, hanya dimungkinkan dengan jalan memperoleh ruang/wilayah yang cukup luas memungkinkan pengembangan secara bebas kemampuan dan kekuatan rakyatnya.
  • Negara merupakan suatu sistem politik/atau pemerintahan yang meliputi bidang geopolitik, ekonomi politik, demopolitik, sosialpolitik, dan kratopolitik.
  • Negara tidak harus bergantung pada sumber pembekalan luar, melaikan harus mampu swasembada serta memanfaatkan kemajuan kebudayaan dan teknologi untuk meningkatkan kekuatan nasional.

c. Karl Haushofer

Pandangannya mengenai geopolitik berkembang di Jerman di bawah kekuasaan Adolf Hitler dan juga di Jepang dalam ajaran Hako Ichiu yang berlandaskan semangat militerisme dan fasisme.

d. Sir Halford Mackinder (Konsep Wawasan Benua)

Ia mencetuskan wawasan benua yaitu konsep kekuatan di darat. Ajarannya menyatakan barang siapa dapat menguasai daerah jamtung, yaitu Eropa dan Asia, akan dapat menguasai pulau dunia yaitu Eropa, Asia, Afrika dan akhirnya dapat menguasai dunia.

e. Sir Walter Raleigh dan Alferd Thyer Mahan (Konsep Wawasan Bahari)

Teori ini menyatakan bahwa siapa yang menguasai lautan akan menguasai perdagangan. Menguasai perdagangan berarti menguasai kekayaan dunia sehiangga pada akhirnya menguasai dunia.

f. W.Mitchel, A. Seversky, Giulio Douhet (Konsep Wawasan Dirgantara)

Kekuatan di udara justru paling menentukan. Kekuatan di udara memiliki daya tangkis terhadap ancaman dan dapat melumpuhkan kekuatan lawan dengan penghancuran di kandang lawan itu sendiri agar tidak lagi bergerak menyerang.

g. Nicholas J. Spykman

Teori daerah batas yaitu teori wawasan kombinasi yang menggabungkan kekuatan darat, laut, udara dan dalam pelaksanaannya disesuaikan dengan keperluan dan kondisi suatu negara.

3. Geopolitik Indonesia

Geopolitik di Indonesia menganut paham negara kepulauan, yaitu laut sebagai penghubung daratan sehingga negara menjadi satu kesatuan yang utuh sebagai Tanah Air.
Pemikiran berdasarkan falsafah Pancasilan dan aspek kewilayahan merupakan filosofi dasar pemikiran dan pembinaan nasional Indonesia.

4. Wawasan Nusantara sebagai Geopolitik Indonesia

Wawasan nusantaran adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri sendiri dan lingkungannya sebagai negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam.

5. Hubungan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara dengan Keutuhan NKRI

Upaya yang perlu dilakukan dalam konsep geopolitik yaitu dalam rangka kesadaran berbangsa dan bernegara bagi ketuhanan NKRI adalah kita harus memahami dan mengamalkan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”. Istilah Bhinneka Tunggal Ika diambil dari kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular, yang berarti walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu juga.
Cara-cara menjaga keutuhan NKRI :
  • Menjaga wilayah dan kekayaan Indonesia.
  • Hidup rukun dengan saling menghormati perbedaan.
  • Mempertahankan kesamaan dan kebersamaan.
  • Menaati peraturan yang ada.

Sekian materi tentang Geopolitik Indonesia dari Synaoo.com. Semoga materi ini dapat bermanfaat dan membantu proses belajar teman-teman.

Selamat Belahar !!!