Fungsi dan Peran Koperasi Indonesia

46
peran dan fungsi koperasi

Koperasi adalah badan uasha yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, koperasi menjalankan fungsi dan peran tertentu.

Landasan koperasi diantaranya landasan idiil (Pancasila), landasan struktural (UUD 1945 Pasal 33 Ayat 1), landasan operasional (UU No 25 Tahun 1992) dan landasan mental (kesetiakawanan dan kesadaran pribadi).

Selain berlandaskan kekeluargaan, koperasi juga berlandaskan kemandirian dan keadilan.

Koperasi sendiri memiliki ciri-ciri berupa kumupulan orang bukan kumpulan modal, mencerminkan gerakan ekonomi rakyat, wadah ekonomi dan sosial, serta usaha bersama yang berasaskan kekeluargaan.

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, Koperasi Indonesia memiliki fungsi dan peran sebagai berikut.

Peran dan Fungsi Koperasi

  1. Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial.
  2. Berperan serta secara aktif dalam upaya meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
  3. Mewujudkan pendapatan masyarakat yang adil dan merata dengan cara menyatukan, membina, dan mengembangkan setiap potensi yang ada di masyarakat.
  4. Memperekukuh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai saka gurunya.
  5. Berusaha mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.
  6. Koperasi mempersatukan dan mengembangkan daya usaha dari orang-orang, baik perorangan maupun kelompok masyarakat.

Melalui fungsi dan perannya, koperasi bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat. Terwujudnya tujuan koperasi dapat memberikan manfaat bagi perekonomian nasional.

Baca Juga : Rangkuman Materi Koperasi

Sekian pembahasan materi dari Synaoo.com tentang fungsi dan peran koperasi Indonesia. Semoga materi yang diberikan mudah dipahami dan bermanfaat bagi sobat semua.

Selamat Belajar !!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here