Beranda Kuliah Doa Agar Dimudahkan dalam Mengerjakan Skripsi

Potingan Terkait

Doa Agar Dimudahkan dalam Mengerjakan Skripsi

Skripsi merupakan tugas akhir jenjang perguruan tinggi yang seringkali menjadi momok menakutkan bagi para mahasiswa yang sedang berjuang mendapatkan gelar sarjana (S1). Tidak sedikit mahasiswa yang mengalami berbagai rintangan dan hambatan untuk menyelesaikan skripsinya. Bahkan, beberapa mahasiswa sampai berhenti atau dikeluarkan dari kuliahnya karena tidak mampu menyelesaikan tugas akhir tersebut.

Usaha mati-matian yang dilakukan dalam mengerjakan skripsi, tentunya harus dibarengi dengan do’a. Salah satu tujuan dari do’a untuk memberikan segala kemudahan, kelancaran dan terhindarnya segala sesuatu yang menyulitkan dalam menjalani kehidupan.

Berikut ini adalah beberapa do’a yang dapat diamalkan agar proses pengerjaan skripsi yang dilakukan dipermudah oleh Sang Pencipta.

Doa Saat Menghadap Dosen Pembimbing

Proses pengerjaan skripsi yang harus dilakukan yaitu bimbingan kepada dosen pembimbing. Dalam proses bimbingan terkadang mahasiswa akan mengalami beberapa hambatan, seperti dosen yang sulit ditemui, kesulitan menjelaskan maksud penelitian, gugup, revisi yang bertubi-tubi, dll. Agar tidak grogi dan urusan kita dipermudah sobat mahasiswa dapat membaca doa ini ketika hendak menghadap dosen pembimbing:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii

Artinya: “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (QS. Thaha: 25-28).

Doa tersebut merupakan doa yang dipanjatkan oleh Nabi Musa ketika menghadapi Fir’aun dalam berdakwah. Doa ini mengandung arti dan makna yang sangat baik, sehingga sangat relevan untuk dibaca setiap saat dalam kehidupan sehari hari.

Doa Ketika Sidang Skripsi

Sidang skripsi merupakan rangkaian akhir pengerjaan skripsi mahasiswa. Satu langkah lagi mahasiswa yang sampai di tahap ini memperoleh gelar sarjananya. Sidang skripsi menjadi bagian paling menegangkan, karena skripsi penelitian mahasiswa dipaparkan kepada beberapa dosen penguji dengan berbagai pertanyaan yang dapat menjatuhkan.

Agar tidak tegang dan dapat mempresentasikan skripsi dengan baik Sobat Mahasiswa dapat membaca doa ini terlebih dahulu.

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma laa sahla illaa maa ja’altahu sahlan wa anta taj’alul haznaa idzaa syi’ta sahlan Artinya:

”Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila engkau menghendakinya.” (Shahih Ibnu Hibban no. 2427).

Doa tersebut sebagai salah satu dari ikhtiar yang bisa dilakukan oleh manusia, terkhusus bagi mahasiswa yang sedang dan akan menyelesaikan sidang skripsi.

Perintah berikhtiar pun tercermin dalam firman Allah berikut ini:
لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Artinya: “Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” (QS. Ar Ra’d: 11)

Sekian beberapa doa agar dimudahkan dalam mengerjakan skripsi yang dapat dibagikan oleh Synaoo.com. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sobat Mahasiswa semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Kategori