Definisi Manajemen Pendidikan Islam – Kata “Manajemen” saati ini sudah sangat dikenal di Indonesia, baik di lingkungan swasta, perusahaan, maupun pendidiftan.

Demikian juga seminar tentang manajemen telah muncul dimana-mana bak jamur di musim hujan. Berdasarkan kenyataan-kenyataan ini menunjukkkan manajemen telah diterima dan dibutuhkan kehadirannya di tengah-tengah masyarakat.

Definisi Manajemen

  • Marry Papker Follett, “Manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Pengertian ini mengandung artian bahwa para manajer dalam mencapai tujuan-tujuan organisasi melalui pengaturan orang-orang lain untuk melaksanakan berbagai tugas yang memungkinkan diperlukan, atau berarti dengan tidak melakukan tugas-tugas itu sendiri.
  • James A.F. Stoner berpendapat bahwa manajemen ialah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah diciptakan. Banyak indikator yang menunjukkan bahwa manajemen sedang bergerak ke arah peningkatan profesionalisrne, baik dalam dunia bisnis maupun organisasi-organisasi nonprofit. Implikasi dari peningkatan ini semakin perlu program pengembangan manajemen sebagai sosok guru profesionalisme dengan persyaratan lainnya seperti komitmen dan dedikasi yang menggabungkan kehidupan dan pekerjaan.

Berdasarkan pengertian-pengertian tersebut, maka manajemen dapat diartikan sebagai suatu proses dengan menggunakan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya untuk mencapai suatu tujuan, sedangkan Manajemen sebagai ilmu dan seni mengatur proses pendayagunaan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya secara efisien, efektif dan produktif untuk mencapai suatu tujuan. Sehingga dapat diartikan dengan sederhana bahwa manajemen adalah suatu usaha, merencanakan, mengorganisir, mengarahkan, mengkordinir serta mengawasi kegiatan dalam suatu organisasi agar tercapai tujuan organisasi secara efisicn dan efektif.

Definisi Pendidikan

Sementara Pendidikan dapat didefinisikan menurut Driyarkara sebagai memanusiakan manusia muda. Pengangkatan manusia muda ke taraf mendidik.

Dalam Dictionary of Education dinyatakan bahwa pendidikan adalah sebagai berikut.

  • Proses seseorang mengembangkan kemampuan, sikap, dan tingkah laku lainnyadi dalam masyarakat tempat mercka hidup
  • Proses sosial yang terjadi pada orang yang dihadapkan pada pengaruh lingkungan yang terpilih dan terkontrol sehingga mereka dapat memperoleh perkembangan kemampuan sosial dan kemampuan individu yang optimum.

Pengertian lain dikemukakn oleh Crow dan Crow bahwa Modern educational theory and practice not only are aimed at preparation far farurr living but lo are operative in determining the patern of present, day-by-day atritude and behawior. Pendidikan tidak hanya dipandang sebagai sarana untuk persiapan hidup yang akan darang, tetapi juga untuk kehidupan sekarang yang didalami individu dalam perkembangannya menuju ketingkat kedewasaannya.

Sedangkan pendidikan dalam arti luas yaitu segala sesuatu yang menyangkut proses perkembangan dan pengembangan manusia, yaitu upaya mengembangkan dan menanamkan nilai-nilai bagi anak didik, sehingga nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan itu menjadi bagian dari kepribadian anak yang nantinya ia menjadi orang pandai, baik, mampu hidup dan berguna bagi masyarakat.

Definisi Pendidikan Islam

Arifudin Arif menyatakan bahwa pendidikan Islam adalah pendidikan yang berdasarkan ajaran Islam atau tuntutan agama Islam dalam usaha membina dan membentuk pribadi muslim yang bertakwa kepada Allah Swt. Cinta kasih kepada orang tuanya dan sesama hidupnya dan juga tanah airnya sebagai karunia yang diberikan oleh Allah Swt. Berdasarkan hal ini, maka tugas dan fungsi yang perlu diemban oleh pendidikan Islam adalah pendidikan manusia scutuhnya dan berlangsung sepanjang hayat.

Sementara itu Muhammad Fadhil al-Jamali menyatakan bahwa pendidikan Islam adalah upaya mengembangkan, mendorong, serta mengajak manusia untuk lebih maju dengan berlandaskan nilai-nilai yang tinngi dan kehidupan yang mulia, Sehingga terbentuk pribadi yang lebih sempurna baik yang berkaitan dengan akal, perasaan maupun perbuatan.

Berdasarkan hasil seminar pendidikan Islam se-Indonesia tahun 1960 menyatakan bahwa dirumuskan pendidikan Islam dengan: “Bimbingan terhadap pertumbuhan rohani dan jasmani menurut ajaran Islam dengan hikmah mengarahkan, mengajarkan, melaui, mengasuh, dan mengawasi berlakunya semua ajaran Islam”. Usaha pendidikan dalam pengertian ini diarahkan pada keseimbangan antara pemenuhan kebutuhan jasmani dan juga kebutuhan rohani, melalui bimbingan, pengarahan, pengajaran, pelatihan, pengasuhan, dan pengawasan, yang semuanya dalam koridor Islam.

Menurut pandangan ajaran Islam, segala sesuatu harus dilakukan secara rapi, benar, tertib, dan teratur. Proses-prosesnya harus diikuti dengan baik. Sesuatu tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Mulai dari urusan yang terkecil seperti mengatur urusan rumah tangga hingga urusan terbesar seperti mengatur urusan sebuah negara, semua itu diperlukan pengaturan yang baik, tepat dan terarah dalam bingkai sebuah manajemen agar tujuan yang ingin dicapai bisa diraih dan bisa selesai dengan efisien dan efektif.

Demikian artikel tentang definisi manajemen pendidikan Islam yang dapat kami bagikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Pustaka : Shulhan, Muwahid, dan Soim. 2013. Strategi Dasar Menuju Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Yogyakarta : Teras.