Inflasi adalah kenaikan harga yang terjadi secara terus menerus. Inflasi merupakan permasalahan yang sangat memengaruhi keadaan perekonomian suatu negara. Keadaan ekonomi yang awalnya berjalan dengan baik tanpa hambatan akan tersendat bahkan berhenti akibat terjadinya inflasi. Dampak inflasi ini dapat dirasakan oleh para produsen, pemilik pendapatan tetap dan tidak tetap, penabunng, debitur dan kreditur, serta perekonomian nasional.

Inflasi sendiri memiliki dampak positif dan dampak negatif, tergantung pada tingkat keparahannya. Inflasi dapat memberikan dampak yang positif apabila tingkat inflasi ringan. Inflasi ringan dapat mendorong perekonomian menjadi lebih maju dan lebih baik. Perekonomian dapat lebih baik karena meningkatkan pendapatan nasional dan memotivasi masyarakat untuk bekerja dam meningkatkan investasi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Inflasi

1. Bagi Pemilik Pendapatan Tetap

Masyarakat yang memiliki penghasilan tetap akan merasa sangat dirugikan dengan terjadinya inflasi. Masyarakat akan mengalami kesulitan dalam menyesuaikan harga barang yang tinggi akibat inflasi.

2. Bagi Pemilik Pendapatan Tidak Tetap (Pengusaha)

Bagi para pengusaha yang memiliki pendapatan tidak tetap, inflasi dapat mendorong pengusaha melakukan peningkatan produksi guna memperoleh untung yang besar.

3. Bagi Penabung

Inflasi menyebabkan nilai mata uang semakin menurun, sehingga masyarakat tidak tertarik untuk menabung uangnya. Walaupun tabungan menghasilkan bunga, pada saat terjadi inflasi tingkat inflasi akan lebih besar daripada suku bunga sehingga nilai uang menurun.

Keadaan tersebut menyebabkan dunia usaha dan investasi sulit berkembang karena membutuhkan dana dari bank yang diperoleh dari tabungan masyarakat.

4. Bagi Debitur dan Kreditur

Inflasi dapat menguntungkan bagi orang yang meminjam uang kebada bank (debitur) karena pada saat pembayaran, nilai uang akan lebih rendah pada dari saat meminjam.

Sebaliknya, kreditur akan mengalami kerugian karena nilai uang pengembalian dari debitur lebih rendah daripada saat peminjaman.

5. Bagi Perekonomian Nasional

Dampak inflasi bagi perekonomian nasional ialah dapat mengakibatkan penurunan tingkat investasi di suatu negara, mendorong kenaikan tingkat suku bunga, menyebabkan defisit neraca pembayaran, dan menurunnya tingkat kesejahteraan masyarakat.

6. Bagi Produsen

Inflasi dapat memberi keuntungan bagi produsen apabila pendapatan yang diperoleh lebih tinggi daripada kenaikan biaya produksi. Produsen akan semakin termotivasi untuk meningkatkan produksi.

Inflasi dapat merugikan produsen apabila biaya produksinya lebih tingi daripada pendapatan yang diperolehnya. Akbibatnya, produsen tidak melanjutkan produksinya bahkan hingga mengalami kebangkrutan.

Baca Juga : Jenis-Jenis Inflasi

Itulah beberapa dampak yang dapat ditimbulkan jika terjadi inflasi di sebuah negara. Semoga materi yang diberikan dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua.

Selamat Belajar !!!