Ciri-Ciri Koperasi Indonesia

44
ciri-ciri koperasi

Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasar prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan.

Setiap badan usaha tentunya memiliki cirii-ciri, demikian pula dengan koperasi.

4 Ciri-Ciri Koperasi

1. Koperasi Merupakan Kumpulan Orang, Bukan Kumpulan Modal

Maksudnya yaitu koperasi mengutamakan kumpulan perorangan maupun badan hukum yang memiliki dan menjalankan usaha bersama untuk mencapai kesejahteraan bersama. Modal dalam koperasi dibentuk dan diperoleh dari semua anggota tanpa terkecuali.

2. Koperasi Mencerminkan Gerakan Ekonomi Rakyat

Maksudnya yaitu koperasi merupakan gambaran dari perekonomian masyarakat yang dikembangkan dan diberdayakan berdasarkan nilai dan prinsip koperasi Indonesia. Nilai dan prinsip koperasi dirumuskan dan disesuaikan dengan nilai luhur yang dijunjung tinggi bangsa Indonesia.

3. Koperasi Sebagai Wadah Ekonomi dan Sosial

Maksudnya yaitu keseluruhan kegiatan dalam koperasi dilaksanakan secara bersama-sama dan gotong-royong berdasarkan persamaan derajat, hak, dan kewajiban anggota dalam mencapai kepentingan bersama untuk mewujudkan kesejahteraan bersama.

4. Koperasi Sebagai Usaha Bersama Berasaskan Kekeluargaan

Asas kekeluargaan menunjukkan makna bahwa setiap anggota koperasi memiliki kesadaran untuk menjadikan koperasi sebagai badan usaha dari anggota dan untuk anggota.

Baca Juga : Materi Koperasi Lengkap

Sekian pembahasan mengenai ciri-ciri koperasi di Indonesia. Semoga pembahasan materi yang disampaikan oleh Synaoo.com mudah dipahami dan dapat membantu pembelajaran sobat.

Selamat Belajar !!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here