Beranda Tips Belajar 10 Cara Belajar Efektif dan Efisien yang Wajib Kamu Coba

Potingan Terkait

10 Cara Belajar Efektif dan Efisien yang Wajib Kamu Coba

Belajar merupakan sebuah kewajiban bagi seorang siswa. Terkadang kita belajar berlama-lama, tapi hanya sedikit materi yang berhasil kita cerna. Padahal yang terpenting dalam belajar, ialah bukan seberapa lama waktu belajarnya, melainkan seberapa efektif kita belajar. Belajar efektif merupakan kunci utama untuk mendapatkan nilai yang memuaskan.

APA CARA YANG PALING EFEKTIF UNTUK BELAJAR?

Belajar merupakan hal yang harus dilakukan secara rutin dan berkelanjutan. Belajar tidak hanya dilakukan dengan sistem kebut semalam, atau hanya belajar jika akan ada ujian saja. Kamu harus terus meningkatkan keterampilan belajar untuk dapat memahami cara belajar apa yang berhasil dan cara apa yang tidak.

Mengetahui cara belajar yang lebih baik akan membantu kamu terhindar dari kepanikan dan frustrasi pada akan datang ujian. Setelah belajar dengan rutin dan mantap dengan apa yang telah dipelajari, saat ujian tiba kamu akan merasa tenang dan yakin dapat menjawab semua pertanyaan dalam lembar test ujian.

Jika materi telah dikuasai, ujian telah dikerjakan dengan penuh percaya diri, hasil ujian tidak akan menghianati perjuangan belajar kamu.

1. Rencanakan Belajar

Rencana belajar, akan sangat membantu kamu mengetahui apa yang harus kamu mulai dan apa yang harus dicapai saat belaajar di hari itu. Tanpa merencanakan belajar biasanya kita akan sering menunda waktu belajar. Jika rencana belajar telah tersusun dengan baik, dalam pikiran kitapun akan sangat ringan dan diri kita akan berkata “Aku Siap Belajar”.

2. Perhatikan Pembelajaran di Kelas

Mendengarkan guru yang sedang menyampaikan pelajaran merupakan hal yang sangat penting. Mungkin beberapa teman kalian ada yang jarang belajar, tetapi sering mendapat ranking di kelas. Padahal kamu telah sekuat tenaga belajar siang malam. Tetapi tetap saja sulit untuk mengalahkannya. Kebanyakan orang tipe seperti ini, mereka sangat serius saat belajar di kelas dan benar-benar mendengarkan guru yang berbicara. Walaupun di rumah ia jarang belajar.

Hal ini dapat terjadi karena belajar dengan guru secara langsung lebih mudah masuk ke otak daripada membaca buku. Selain itu apa yang disampaikan oleh guru, kemungkinan besar akan keluar saat ulangan atau ujian.

3. Bebaskan Diri dari Gangguan

Belajar efektif haruslah bebas dari gangguan lingkungan sekitar. Gangguan ada dimana-mana mulai dari ponsel, sosial media, bahkan teman-teman kita. Sadarilah dari diri sendiri, apa saja yang dapat mengalihkan kosentrasi belajar kamu. Dan kamu harus tahu bagaiman cara menghindari gangguan-gangguan tersebut.

4. Catatan Lengkap

Kelengkapan catatan merupakan hal yang sangat penting. Lengkapi catatan sedini mungkin. Jangan sampai ujian mulai dekat, kita baru melengkapi catatan pelajaran kita. Waktu yang seharusnya untuk membaca dan mereview pelajaran malah habis digunakan melengkapi catatan dan mencari bahan materi untuk ujian besok.

5. Pelajari Kembali Catatan

Setelah sekolah selesai, pelajari kembali catatan di kelas tadi yang telah kamu tulis pada hari ini. Mempejari kembali pada sore atau malam harinya merupakan upaya merekam materi jangka pendek menjadi memori jangka panjang. Setelah mempelajari kembali catatan yang tadi kita dapatkan akan menambah ingatan materi dalam waktu yang lama.

6. Tanyalah Saat Tidak Paham

Angkat tangan dan ajukan pertanyaan jika tidak paham dengan suatu materi. Jika kamu malu untuk bertanya di hadapan orang banya, temui gurumu setelah pelajaran. Atau jika masih malu bertanya pada guru, tanyakan pada teman sekelasmu yang sekiranya paham dengan materi tadi.

7. Cari Tempat Belajar Terbaik

Tempat belajar yang baik ialah tempat yang tenang, cukup cahaya, dan jarang ada orang yang lalu-lalang. Selera tempat belajar setiap orang berbeda. Ada yang suka belajar di kamar, di bernda rumah, di perpustakaan, di taman, dan lain-lain.

8. Istirahat Sejenak

Belajar akan menjadi sangat membosankan dan membuat jenuh kepala jika dilakukan bergrilya tanpa istirahat. Untuk setiap 30 menit waktu belajar, ambil istirahat 10-15 menit untuk kembali menyegarkan otak kamu. Sesi belajar yang singkat lebih efektif dan membantu kamu memanfaatkan waktu belajar dengan baik.

9. Rangkuman Kecil

Jadikan belajar efektif kamu tidak terlalu berlebihan. Caranya yaitu dengan membuat catatan rangkuman yang berisi materi-materi penting yang besar kemungkinannya keluar saat ujian. Otak akan lebih mudah menerima materi yang sederhana dan to the point.

10. Belajar dengan Teman Sekelas

Cobalah berdiskusi dengan teman sekelasmu. Khususnya saat akan ada ulangan atau ujian, bergabunglah dengan teman-temanmu. Dengan berdiskusi kamu akan mengetahui materi penting yang belum kamu pelajari atau terlupakan saat belajar tadi malam. Selain itu kamu juga dapat mengukur pengetahuan belajarmu dengan teman-teman diskusi.

Belajar Cerdas Bukan Keras

Mengetahui cara belajar dengan efektif adalah keterampilan yang akan bermanfaat bagi kamu seumur hidup. Mengembangkan keterampilan belajar yang efektif membutuhkan waktu yang lama dan juga kesabaran.

Semoga sedikit tips belajar efektif ini dapat bermanfaat dan membantu proses belajar kamu.

Jika kamu memiliki trik belajar efektif yang hebat dan sudah kamu terapkan dengan baik, bagikan di kolom komentar.

Selamat Belajar !!!

 

 

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Kategori