Asas-Asas Koperasi Indonesia Beserta Penjelasannya

50
asas koperasi indonesia

Asas Koperasi – Menurut Bapak Koperasi Indonesia yaitu Mohammad Hatta, Koperasi adalah usaha bersama untuk memperbaiki nasib penghidupan ekonomi berdasarkan tolong-menolong. Sedangkan menurut UU No 25 Tahun 1992 Pasal 1 Ayat 1 Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum Koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip Koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.

Baca Juga : Landasan Koperasi

Setiap badan usaha memiliki asas dalam pendiriannya. Asas merupakan adasar cita-cita suatu organisasi. Selain asas kekeluargaan terdapat dua asas koperasi lainnya.

3 Asas Koperasi Indonesia

  • Asas Kekeluargaan
  • Asas Kemandirian
  • Asas Keadilan

Berikut ini adalah penjelasan ketiga asas dari koperasi yang ada di Indonesia.

1. Asas Kekeluargaan

Asas kekeluargaan koperasi adalah melaksanakan usaha dengan mengutamakan kemakmuran anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, bukan hanya kemakmuran perorangan.

2. Asas Kemandirian

Asas kemandirian koperasi adalah mencerminkan bahwa koperasi harus dapat berdiri sendiri tanpa bergantung pada pihak lain serta dilandasi kepercayaan pada pertimbangan, keputusan, kemampuan, dan usaha sendiri. Asas kemandirian juga diartikan sebagai kebebasan yang bertanggung jawab, otonomi, swadaya, berani mempertanggungjawabkan perbuatan sendiri, dan kehendak mengelola diri sendiri.

3. Asas Keadilan

Asas keadilan koperasi adalah kepemilikan peluang dan kesempatan yang sama bagi semua warga negara sesuai kemampuannya untuk menjadi anggota koperasi. Asas tersebut menunjukkan kesetaraan semua pihak untuk memiliki kesempatan yang sama dalam mengembangkan koperasi bagi kepentingan bersama. Kesetaraan tersebut mengajarkan pengalaman agama untuk tidak membeda-bedakan seseorang berdasarkan suku, agama, atau ras tertentu dalam memberikan kontribusi untuk meningkatkan perekonomian bangsa.

Baca Juga : Materi Koperasi Lengkap

Sekian pembahasan materi dari Synaoo.com tentang 3 Asas Koperasi. Semoga pembahasan yang disampaikan dapat menambah pengetahuan sobat Synaoo tentang koperasi.

Selamat Belajar !!!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here